Kamis, 01 Desember 2011

JBW GAMAGIRI


 Emhhh bingung mo mulai dari mana, banyak yang ter”ngiang-ngiang” di otak tapi agak kesulitan mengungkapkannya, memang semua butuh belajar dan berproses.  Tapi akan ku coba menulis- menulis menulis dan mecoba untuk belajar menulis, meski loncat-loncat ceritanya dan mungkin agak G jelas, serta enggak  pakai EYD. Maklum nilai bahasa Indonesia pas –pasan. Sing penting pokoe belajar nulis.  Hehe …
Waktu itu tanggal 20 maret, jadwalnya JBW kebtulan bulan maret bagian Biolaska. Kurang lebih jam 7.30 temen-tmen PPBJ sudah kumpul didepan poliklinik UIN, siap berangkat pengamatan menuju ke hutan gamagiri. Tapi sebelumnya menuju SMP 16 terlebih dahulu soalnya ada beberapa temen-temen SMP yang belum dapet boncengan. Sesampainya di SMp 16, mas untung dan  mas  asat sudah ada disana. Eee ketika sampai di SMP 16 andri sms, “ muf neng sbelah ngendi?”belum sempat tak bales’ dini juga sms” sik mas nunggu temennya Andri”. Sambil berjalan “ Q bilang ke Ita “tolong sms dini “.
Kurang lebih jam 08.30 kami bersama rombongan sampai di hutan gamagiri, sesampainya disana, langsung menuju tempat parkir. Bercanda gurau, ngobrol ngalor-ngidul sambil menunggu beberapa temen yang masih di jalan. Di tengah-tengah temen2 asik ngobrol yang dilengkapi dengan makanan ringan, ada beberapa temen yang asik ambil gambar, kupu-kupu, capung, dan temen2 yang lagi asik ngobrol juga di ambil gambarnya. Wah hampir setengah jam yang ditunggu kok g dateng-danteng, wah lama-lama G kepenak ki ma temen2 kok lom dimulai-mulai.  Akhirnya kurang lebih jm 9an, di mulai ajalah, ditunggu sambil jalani acaranya keburu panas. Seperti JBW biasanya, acara dimulai dengan pengumpulan binokuler, buku panduan lapangan Mackinoon dn pembagian kelompok. Eeh setelah semua orang kebagian kelompoknya, rombongan Dini dkk dan Andri dkk akhirnya dateng juga. Temen-temen yang baru dateng segera mengkondisikan dan gabung dengan kelompok lain.  
Jbw kali ini, mungkin sedikit beda dengan JBW sbelumnya soalnya dengan medan yang lumayan terjal. naik turun naik turun naik dan turun lagi. Hehehe…kebetulan Q kebagian kelompok satu. Memang jalan untuk kelompok satu ini memang berbeda dengan track yang lain.hehe. Awal pengamatan  kedua belah mata kami langsung tertuju pada seekor burung madu kelapa (Anthtreptes malancensis) yang sedang asik nongkrong di atas pelepha pohon kelapa. Saat temen-temen asik pengamatan, mas imam juga asik ambil gambar temen-temen yang sedang pengamatan. Selain itu, sambil jalan tengok kiri kanan atas bawah Panji ngejelasin temen-temen yang lain.  Karena track, terbuka tidak ada kanopi ynag menutupinnya, sehingga burung memang jarang terlihat. Ketika asik jalan sambil tengok kiri kanan, terdengar wiwik kelabu (Cocomantis merulinus) dengan suara khas yang katanya sebagai pertanda akan ada orang meninggal.hehe. Panji lansung spontan bilang” wiwik-wiwik-wiwik”.,Wiwik kelabu yang terus bersuara, eeh tiba–tiba melintas seekor cekakak sungai (Todirhampus chloris). Saat asik mencari-cari cekaka sungai tadi Kmana arahya?” terdengar suara cinenen yang bersahutan, tapi cinenen apa?perhatian kami lansung terlemparkan oleh suara cinenen yang membuat penasaran, dengan meliak-liuk kepala, memutar-mutar kedua belah, melemparkan pandangan mencari-cari di mana  sumber suara ini? Eeh tiba-tiba ketika pandangan kupusatkan ke ranting sebuah pohon ada daun yang gerak-gerak, nah di situ terlihat cinenen pisang (Orthotomus sepium) yang sedang asik loncat-loncat dari dahan-ke dahan yang lain cari makanan. Terdengar temen sbelah  bilang “ooo cinenen pisang to”.
Selama pengamatan berlagsung tampak wallet linchi (Cholocalia linchi) yang berseliweran.


Reaksi:

0 komentar: