Senin, 14 Juni 2010

PROGRAM KERJA BIDANG HIKMAH

Pendahuluan
                 Assalamulaikum Wr.Wb. yang pertama dan paling utama adalah ucapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nafas dan kehidupan detik ini, sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul dengan sehat. Kami selaku bidang hikmah mengucapkan banyak terima kasih kepada kawan-kawan pimpinan komisariat saintek, kawan-kawan komisariat saintek atas partisipasinya dalam program kerja bidang hikmah. Tidak lupa kalinya kami selaku bidang hikmah mengucapkan banyak terima kasih kepada ketua pimpinan komisariat saintek yang tiada hentinya mengingatkan kami dalam menjalankan program kerja.
Massa bidang hikmah kepimimpinan periode 2009/2010 merupakan perjalanan panjang dan melalui proses yang tidak mudah. Berbagai macam program dirancang dan diplanning dimaksudkan dapat melaksanakan cita-cita, visi maupun misi baik organisasi IMM secara keseluruhan dan Komisariat Saintek pada khususnya.
Bidang hikmah merupakan departemen menangani kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan dan perpolitikan di kampus. Baik se-Universitas, se-Fakultas maupun dengan berbagai organisasi lain intra dan ektra kampus. Dari perjalanan selama satu periode kepimimpinan 2009/2010 ada banyak banyak hal yang telah kami lampaui baik menyenagkan ataupun dalam keadaan yang dirasa sulit. Hal ini merupakan usaha kami dengan sepenuh hati bagaimana agar rencana program kerja bidang hikmah dapat terealisasi dengan sempurna. Namun kami hanyalah hamba Allah yang tak luput dari segala salah dan lupa. Sehingga untuk itu pada kesempatan yang sungguh baik ini izinkan kami selaku bidang hikmah untuk sedikit menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban.
Dalam laporan pertanggungjawaban ini mari kita bersama-bersama melakukan evaluasi kritis kontrukstif dan proyektif yang berharga bagi perjalanan IMM komisariat Saintek, khususnya bagi kepengurusan mendatang. Meminjam istilahnya Ki Hajar Dewantara manusia adalah sejarah. Dengan kata lain manusia mampu melakukan refleksi diri, mampu keluar dari dirinya dan menengok kebelakang kemudian melakukan penelitian dan perenungan yang merupakan koreksi demi sebuah rekontruksi baru dimassa depan yang lebih baik.



I. Program Kerja
1. Membentuk forum kajian Islam
2. Gerakan memakmurkan Masjid Muhammadiyah di sekitar kampus
3. Diskusi rutin kajian Islam dua minggu sekali
4. Ikut berkontribusi dalam Hari Raya Korban
5. Bakti sosial dan tanam pohon
II. Realisasi Program Kerja
No Tgl/bln/thn Tema Pembicara Tempat
1 25/2/10 Kajian maulid nabi Moh.Hasan S.Pd.I Masjid SD muh sapen
2 ............ Diskusi Waktu Subuh Fardian Imam Depan polliklinik UIN
3 26/23/10 Kajian Fatwa Haram Rokok dan Solusinya Prof.Dr. Samsul Anwar M.A Masjid SD muh Sapen

4 30/4/10
Kajian Aqidah I Ust. Husnul Azhar Masjid At-Tauhid

5 21/5/10 Kajian Aqidah II Ust. Husnul Azhar Masjid At-Tauhid
Dari berbagai program kerja yang kami susun ketika RAKER (Rapat Program Kerja) alkhamdulillah dapat terealisasi meskipun belum maksimal. Adapun keinginan kami untuk membentuk forum kajian Islam, gerakan memakmurkan masjid Muhammadiyah di sekitar kampus, dan diskusi rutin kajian Islam dua minggu sekali dapat ter-cover, berdasarkan realisasi program kerja di atas. Berjalannya program kerja ini meskipun tidak maksimal, tidak lepas dari partisipasi kawan-kawan komisariat dan khususnya ketua pimpinan komisariat saintek. Namun untuk berkontribusi dalam hari raya korban dan bakti sosial dan tanam pohon tidak dapat terealisasi. Hal ini tidak lepas dari masalah klasik mahasiswa pada umumnya yakni kita masih ”cengeng” dengan kesibukan-kesibukan kuliah yang tidak bisa dinego. Selain itu kurangnya kesadaran kami atas tanggung jawab untuk menjalankan program kerja dan kurangnya rasa saling mengingatkan antar pimpinan komisariat.
III. Saran dan Rekomendasi
Untuk periode kedepan, hendaknya kita lebih istiqomah dalam melaksanakan tugas yng diemban.banyaknya keperluan pribadi sedikit banyak berpengaruh terhadap kinerja kepimimpinan. Oleh karena itu komunikasi antar pimpinan harus dijalin seefektif mungkin, untu saling mengingatkan,membantu,dan mendorong berbagai program kerja yang dilaksanakan.
IV. Penutup
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami buat, sebagai laporan tugas dan amanah yang kami emban. Tidak lupa kami haturakn terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu tugas bidang hikmah. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan kemudahan kepada kita semua. Amin.............
Tetep Semangat dan Istiqomah

Reaksi:

0 komentar: